Selasa, 21 Oktober 2014
Artikel Terkini
Artikel Populer
Tanri Abeng
PRIVATISASI KURANG SOSIALISASI*
Rekaman wawancara Tanri Abeng dengan sebuah media masa
PDF Cetak
Penilaian pengunjung: / 5
Ditulis oleh Tanri abeng   
Jumat, 14 Juni 2002
Kalau ada kontes Menteri mana yang paling banyak didemo oleh masyarakat selama kabinet reformasi yang lalu, barangkali jawabannya adalah Tanri Abeng selaku Menteri Negara Pendayagunaan BUMN. Persoalannya apa lagi kalau bukan BUMN, mulai masalah restrukturisasi, privatisasi bahkan sampai pada minyak goreng. Semua demonstran yang datang biasanya dilayani secara baik. Adalah di depan kantornya yang baru gedung di Medan Merdeka Barat, para demontran selain di daftar di Satpam juga disediakan tempat khusus untuk unjuk rasa. Dan untuk Mengetahui kebijakannya yang banyak dikritik itu, Wartawan Media mewawancarainya. Tulisan ini adalah dikutip dari wawancara wartawan Media Indonesia dengan Tanri Abeng pada saat menjabat Menteri BUMN.
Baca selengkapnya...
BUMN, MODAL TERSISA SATU-SATUNYA
Sebuah Pengantar dari Penulisan Ilmiah Karya Tanri Abeng
PDF Cetak
Penilaian pengunjung: / 4
Ditulis oleh Tanri Abeng   
Jumat, 07 Juni 2002
Kelaziman bagi seorang CEO adalah memutuskan untuk menjalankan sesuatu yang memberikan hasil maksimal atau signifikan bagi organisasi. Inilah prinsip Pareto, di mana seorang eksekutif memanajemeni The Strategic or vital few dan mendelegasikan the trivial many kepada para bawahannya. Penulis berkeyakinan bahwa Pareto dalam pembangunan nasional adalah BUMN, karena seperti yang dinyatakannya dalam pelbagai bab sebelum dan sesudah Bagian ini, merekalah The only effective player left in town, pasca Krisis. Sebagai mantan Menteri Negara Pemberdayaan BUMN kendati, hanya 18 bulan penulis mengetahui persis, kedalaman dan keluasan dari pernyataannya. Bahkan tidak sekedar mengetahui. Ia, dalam kapasitasnya sebagai seorang Menteri, sudah meletakkan fondasi-fondasi yang benar agar BUMN dapat menjadi menjadi lembaga bisnis yang tangguh, efisien, dan kompetitif di pasar global.
Baca selengkapnya...
REFORMASI BUMN* PDF Cetak
Penilaian pengunjung: / 24
Ditulis oleh Tanri Abeng   
Rabu, 28 Juni 2000
Ekonomi abad 21, yang ditandai dengan globalisasi ekonomi, merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara. Perwujudan nyata dari globalisasi ekonomi antara lain terjadi dalam bentuk-bentuk berikut:
Baca selengkapnya...
Menu Utama
Home
Adi Harsono
Ali Khomsan
Eddy Satriya
Hadi Soesastro
J Soedradjad D.
Jack M. Niles
Mari Pangestu
Mohammad Sadli
Myra Sidharta
Saparinah Sadli
Setyanto P. Santosa
Shanti L.P.
Tanri Abeng
Lain-lain
Katalog
Artikel
Biografi
Arsip Lama
CPF Luhulima
Desi Anwar
Hadi Soesastro
Iwan Jaya Azis
Jafar Basri
M. Sadli
Mira Sidharta
Sri Mulyani Indrawati
- - - - - - -
Bulletin Kadin
Yay. Padi & Kapas
Artikel/Info Terkait
© Copyright 2005, Pacific Link

Go to the www.pacfiic.net.id Kumpulan Artikel BIOGRAFI